Untuk melatih kekuatan dan ketahanan fisik sudah pasti diperlukan latihan tertentu. Melakukan aktivitas atau latihan fisik di alam terbuka dinilai lebih efektif dalam memberikan manfaat , karena tubuh manusia membutuhkan interaksi langsung dengan alam. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan di alam terbuka mulai dari olahraga sederhana hingga latihan yang cukup berat. Dalam menjalankannya tentu harus mempertimbangkan kondisi tubuh terlebih dahulu.

Berikut 6 aktivitas melatih kekuatan fisik di alam terbuka :

1. Senam

Senam biasa digunakan orang mulai dari untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran hingga untuk melatih kekuatan dan kecepatan gerakan tubuh. Untuk itu senam terdiri dari berbagai jenis, seperti senam lantai, senam aerobik, senam pramuka dan senam kesegaran jasmani (SKJ). Senam yang banyak dilakukan di alam terbuka yakni senam SKJ, senam pramuka dan senam aerobik. Olahraga ini dianggap sederhana untuk dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan.

senam pagi kegiatan camping anyer

2. Jogging

Tidak dibutuhkan alat atau tempat khusus untuk melakukan olahraga satu ini, sehingga banyak orang yang menyukainya. Bahkan dengan melakukan olahraga jogging atau lari di alam terbuka, selain untuk kebugaran tubuh juga bermanfaat sebagai penyegaran dari rutinitas sehari-hari. Sebelum ditetapkan sebagai sebuah cabang olahraga, manusia sudah terbiasa berlari sejak dahulu kala. Seperti saat berburu hewan atau bertahan hidup dari musuh atau hewan buas yang mengejar. Lari pun termasuk dalam salah satu cabang olahraga tertua di dunia.

3. Arung jeram

Kegiatan yang mengarungi jeram-jeram sungai yang pastinya dilakukan di alam terbuka ini sudah tidak asing lagi bagi penyuka petualangan. Karena dianggap sebagai olahraga yang menantang, banyak yang menggemari arung jeram atau biasa disebut rafting. Memiliki sejarah cukup panjang termasuk perkembangannya di Indonesia, arung jeram kini menjadi sarana rekreasi dan edukasi.

arung jeram rafting donat sungai ciliwung

4. Highropes

Permainan ketinggian atau highropes dapat melatih kekuatan fisik serta keberanian. Setiap orang yang mengikuti permainan di alam terbuka ini harus memiliki kondisi fisik yang prima serta kesiapan mental yang matang. Sebab dibutuhkan kekuatan fisik untuk bisa menjaga keseimbangan dan menahan berat tubuh. Namun higropes tidak serta merta hanya berfungsi untuk melatih fisik melainkan juga bisa bermanfaat dalam membangun karakter seseorang. Oleh karena itu permainan ini banyak digemari meski termasuk dalam latihan berat.

5. Games fisik

Games fisik sering kali digunakan di alam terbuka dalam rangkaian permainan yang dilakukan atau kelompok untuk berbagai tujuan seperti memupuk rasa kebersamaan, membangun karakter, meningkatkan kerjasama tim, dan lain-lain.  Beberapa games yang memiliki fungsi untuk melatih kekuatan sekaligus membentuk karakter seperti games Robot A, Spider Web, kapal pecah, dan flying fox. Semua games tersebut dapat ditemui dalam permainan team building serta outbound yang saat ini kian disukai banyak kalangan.

Games berlumpur peserta karate di Bogor 6. Berenang

Satu lagi aktivitas fisik yang banyak dilakukan dialam terbuka adalah berenang, meski ada juga kolam renang berkonsep indoor. Tanpa mengenal batasan usia, aktivitas ini memiliki banyak sekali manfaat khususnya bagi kesehatan. Meski awalnya renang dikenal sebagai jenis olahraga, namun saat ini  sudah digemari banyak kalangan. Bahkan sekarang berenang menjadi salah satu sarana rekreasi yang mudah dijumpai. Seperti waterpark, waterboom, sejumlah tempat rekreasi, mall dan penginapan yang menyediakan fasilitas kolam renang.

berenang anak di citra alam bogor

Melakukan aktivitas atau latihan fisik di alam terbuka yang digemari akan semakin efektif memberikan manfaat yang diinginkan, baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh atau membangun karakter positif. Dari semua manfaat itu akan semakin memudahkan anda untuk menjadikan hidup lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *