Dalam kehidupan sehari-hari terlebih sebagai pekerja yang aktif komunikasi dan interaksi adalah hal terpenting dari sebuah hubungan dengan rekan kerja. Mulai berkomunikasi dengan rekan kerja, manager, atau pelanggan, komunikasi yang efektif selalu dibutuhkan. Nah, untuk memaksimalkan komunikasi dan kerja sama yang efektif  maka baiknya pemilik perusahaan memfasilitasi karyawan mengadakan kegiatan di outdoor. Kegiatan outbound bisa menjadi salah satu pilihan karena kegiatan outbound diracik dengan berbagai macam games team building.

Dengan adanya team building menunjukkan bahwa permainan tim ternyata bukan hanya meningkatkan komunikasi dan motivasi satu sama lain, tetapi juga mampu membantu menciptakan perpaduan dan mengoptimalkan produktivitas. Berikut ini 6 games team building memperkuat kerja tim:

1. Jemuran ember

games team building citra alamGames ini dimainkan secara berkelompok dengan jumlah per kelompok berisi 8 orang permainan ini bertujuan untuk melatih saling percaya terhadap teman, konsentrasi, keseimbangan, dan strategi. Bahan dan alat permainan adalah ember, air, dan stik. Cara bermainnya adalah dengan membawa ember dari garis start ke garis finish menggunakan stik bersama tim dengan hati-hati. Bagi tim yang berhasil membawa ember yang berisi air sampai tidak tumpah tim tersebut dinyatakan menang. Manfaat dari games jemuran ember adalah untuk  melatih kecepatan ketangkasan dan kerja sama tim, menjalin komunikasi yang baik, mengajarkan strategi, mengajarkan kepatuhan terhadap instruksi yang diberikan, berpikir besar demi keberhasilan tim.

2. Kapal pecah

games teml buildingGames team building kapal pecah dimainkan kurang lebih 7 orang dalam setiap kelompok. Bahan dari permainan ini adalah karpet dengan ukuran 1×1 Meter. Cara bermainnya bahwa setiap kelompok akan melalui tiga tahap, yang pertama semua kelompok yang beranggotakan 7 orang akan berada di atas karpet dan kaki tidak boleh sampai menginjak tanah. Tahap yang kedua karpet akan dilipat 25 cm dan semua kelompok harus naik ke atas karpet tanpa terjatuh. Kemudian tahap terakhir semua anggota kelompok harus bertahan di atas karpet yang semakin kecil dan sudah dilipat. Bagi kelompok yang berhasil sampai ke garis finish tanpa menginjak tanah dinyatakan menang. Permainan ini untuk melatih percaya terhadap teman, kerja sama, konsentrasi,  keseimbangan, konsentrasi, dan rasa solidaritas terhadap sesama teman.

3. Pijakan kotak

games team buildingPermainan ini dimainkan kurang lebih 10 orang dalam setiap timnya. Sebelum memulai games pijakan kotak, tim instruktur sudah menyediakan sekitar 10 kotak kemudian setiap kelompok terdiri dari 10 orang dan kaki mereka diikat dengan kaki temannya yang membentuk satu shaf barisan. Kemudian mereka berpegangan tangan, cara bermain pijakan kotak ini adalah setiap orang diikat kakinya dengan temannya akan menginjak kotak secara bersama-sama. 10 orang yang kakinya diikat secara bersama-sama akan melewati kotak secara bersama-sama dengan timnya. Kotak tersebut berukuran 50 cm x 50 cm. Tujuan dari games ini adalah untuk melatih kerja sama tim, saling percaya, keseimbangan, konsentrasi, motorik kasar, dan  semangat

4. Rel bola

games team buildingGames rel bola biasanya dimainkan kurang lebih 6 orang dalam setiap kelompok. Cara bermainnya dengan meletakkan bola di poros yang sudah dibuat dengan melalui rel-rel yang dikendalikan dengan ujung-ujung tali oleh seluruh peserta kelompok. Tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih kerja sama tim, keseimbangan, konsentrasi, motorik kasar, dan semangat. Membangun pemahaman dan kesadaran betapa pentingnya kerja sama dalam tim yang solid.

5. Salidot

games team buildingGames team building solidot biasanya dimainkan kurang lebih 8 orang setiap kelompok. Bahan yang digunakan adalah sedotan plastik. Adapun cara bermainnya bahwa setiap kelompok akan menyusun sedotan tersebut dengan solasi. supaya sedotan itu bisa disusun tinggi dan bagi tim yang berhasil menyusun sampai tinggi dengan menopang gelas aqua di atas dalam waktu yang telah ditentukan dia lah pemenangnya dengan syarat sedotan itu dibuat seperti menara. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencari solusi dari setiap masalah, belajar membentuk pribadi yang kreatif, inovatif, dan strategis, serta melatih betapa pentingnya kekompakan dan kerja sama dalam tim.

6. Transfer air part 2

games team buildingTransfer air part 2 biasanya dimainkan kurang lebih dari 7  orang. Cara bermainnya adalah dengan memindahkan air pada media gelas yang terikat di kepala tanpa boleh tersentuh oleh tangan. Bagi tim yang terbanyak mengumpulkan air mereka yang menjadi pemenangnya. Permainan ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan kesadaran betapa pentingnya kerja sama dalam tim yang solid, dan melatih kekompakan tim untuk mencapai sebuah target

6 Games team building di atas bisa anda mainkan di saat anda berkegiatan outbound di Citra Alam.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *