Dalam kegiatan outbound, selalu ada bermacam permainan yang memiliki manfaat seperti melatih keberanian, mengajarkan tentang kepemimpinan, menumbuhkan rasa percaya diri, hingga meningkatkan kerjasama dan soliditas tim. Ragam permainan bernama team building itu memiliki aturan main yang berbeda-beda. Dari sekian banyak permainan team building tersebut, ada beberapa yang menarik untuk dimainkan, 5 diantaranya adalah :

1.Cahaya kehidupan 

games cahaya kehidupan seru

Peserta yang mengikuti permainan ini harus bekerja sama dengan baik. Mereka dapat berlatih untuk tidak pantang menyerah meski harus mengalami kegagalan berulang. Peralatan yang digunakan dalam permainan cahaya kehidupan adalah lilin, obor, dan sejumlah kantong plastik berisi air. Instruktur mengarahkan seluruh peserta untuk menyalakan satu lilin dari sebuah obor di garis start. Peserta harus menjaga lilin agar tidak padam sambil berjalan menuju obor di garis finish. Perjalanan dari garis start menuju finish, tentu saja bukannya tanpa hambatan. Peserta harus menghalau lemparan plastik berisi air dari para instruktur yang dapat mematikan lilin. Peserta ditantang untuk tidak pantang menyerah meski lilin berkali-kali mati, sehingga mereka melakukan berbagai cara melindungi lilin agar tidak padam dihembus angin atau tersiram air. Saat berhasil mencapai garis finish dengan lilin yang tetap menyala, peserta bersorak merayakan keberhasilan mereka.

Perjuangan luar biasa seluruh peserta yang bekerja sama untuk menjaga lilin agar tidak mudah padam dengan berbagai hambatan yang harus dilalui, menjadi hal yang menarik dalam permainan ini.

2.Crazy Ropes

sinergi dalam permainan crazy ropes

Dalam permainan ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok berjumlah 7-8 orang. Peralatan yang digunakan hanyalah sebuah balon, jarum dan gelang karet besar yang ukurannya disesuaikan dengan tubuh. Selanjutnya setiap kelompok berbaris sejajar dan peserta dalam masing-masing kelompok berpegangan tangan. Tiap peserta yang berada di posisi paling awal barisan harus mulai memindahkan gelang karet secara bersamaan. Gelang karet dimasukkan dari tangan dan dijalankan melewati kepala hingga seluruh badan sampai berpindah pada tangan yang lain dan selanjutnya dijalankan oleh peserta yang berada disampingnya. Begitu seterusnya sampai lingkaran karet tersebut ada di tangan peserta terakhir yang kemudian akan memecahkan balon dengan jarum setelah kelompok menyelesaikan permainan.

Menariknya dalam permainan ini adalah setiap peserta harus berusaha keras memindahkan lingkaran karet tanpa melepas pegangan tangan dengan temannya.

3. Mencari Bola Emas 

Mencari bola mas untuk koordinasi tim

Sesuai dengan namanya, permainan ini menggunakan peralatan berupa bola berukuran kecil yang berwarna-warni. Bola tersebut diletakkan dalam arena berbentuk persegi empat yang dibatasi oleh tali. Beberapa peserta dalam setiap kelompok ditutup matanya dan harus mengambil bola dengan warga tertentu di dalam arena, sesuai instruksi. Sementara  teman-teman lainnya mengarahkan letak bola yang akan diambil.

Permainan ini tergolong unik karena dibutuhkan sikap yang sportif dari setiap peserta.

Peserta yang bertugas mengambil bola dengan mata tertutup bisa saja berbuat curang dengan mengintip posisi bola. Oleh karena itu diperlukan ketegasan instruktur dalam mengawasi dan mengendalikan permainan. Selain memupuk rasa percaya diri terhadap teman serta meningkatkan soliditas tim, permainan mencari bola mas juga bermanfaat untuk melatih kejujuran, serta konsentrasi dalam mendengarkan instruksi. Permainan bola mas ini dapat dimainkan di lapangan atau dalam kolam berlumpur.

4. Robot A

kekuatan tim melalui games robot A

Permainan yang dilakukan secara berkelompok dengan jumlah sekitar 5-8 orang di setiap tim ini menggunakan media bambu dan tali yang diikat dalam 5 titik sudut sampai membentuk huruf A. Dalam setiap kelompok, satu orang berdiri diatas bambu tersebut dan tertugas menyeimbangkan permainan dengan dibantu teman-teman dalam kelompoknya. Tim yang berhasil memindahkan robot A ke garis finish lebih dulu, dia lah pemenangnya. Permainan yang membutuhkan  area luas seperti lapangan ini bermanfaat melatih keberanian mengambil keputusan, percaya kepada kawan serta kerjasama.

Uniknya permainan ini adalah setiap peserta berusaha sekuat tenaga memindahkan robot A meski dengan keberadaan rekan mereka di dalamnya.

5. Spider Web

menguji strategi melalui spider web

Permainan bertipe strategic game ini bermanfaat menambah inovasi dan kreativitas tim dalam mencapai target, serta mengajarkan disiplin pada setiap peserta – karena adanya sejumlah aturan di dalamnya. Dalam spider web, setiap peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan cara melewati celah di jaring laba raksasa. Perpindahan dilakukan dengan dibantu rekan yang lain. Selama permainan berlangsung, peserta tidak boleh melalui lubang jaring yang sudah dilalui, badan dan pakaian pun tak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat. Dilarang juga melakukan lompatan dalam jaring. Spider web dapat dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan ketinggian yang disesuaikan.

Permainan ini menarik karena terdapat 2 jenis. Ada juga jenis spider web yang termasuk dalam permainan ketinggian, dimana peserta harus berpindah ke setiap sisi jaring hanya dengan berpegang erat pada tali yang menopang tubuh.

Mengikuti permainan team building yang menarik secara bersama-sama akan membuat kegiatan outbound semakin berkesan dan menyenangkan. Manfaatnya pun akan lebih mudah dirasakan oleh setiap peserta khususnya para karyawan, sehingga produktivitas dan kualitas kerja dapat menjadi lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *