Aktivitas yang selalu berada dalam ruangan, seringkali membuat anda merasa bosan atau stres. Anda bisa meluangkan waktu sejenak di waktu libur untuk mengunjungi salah satu wisata edukasi yang menawarkan berbagai kegiatan, pelatihan, dan permainan. Bukan hanya sensasi kegiatan dan fasilitasnya saja yang dapat anda rasakan akan tetapi suasana sejuk dan segarnya udara yang masih asri juga dirasakan oleh tubuh anda. Di wisata edukasi anda bisa mengulang masa-masa kecil anda dengan serunya memainkan berbagai macam permainan.

Ada permainan seru yang  menyenangkan juga bisa anda lakukan bersama teman, rekan kerja, atau pun keluarga anda. Terutama ketika anda melakukan kegiatan outbound. Di dalam kegiatan outbound di isi dengan berbagai permainan yang mampu membangun atau meningkatkan kualitas kerja dan kebersamaan. Suatu permainan yang jarang sekali anda dapatkan ketika anda melakukan liburan. Berikut ini ada 5 permainan seru  yang  bisa anda lakukan ketika sedang berkegiatan outbound, family gathering, camping, dan kegiatan lainnya.

1. Games Tematik

Games ini memiliki beberapa jenis permainan salah satunya adalah permainan mencari harta karun. Permainan mencari harta karun merupakan suatu permainan yang populer di kalangan anak-anak dan remaja. Namun dengan berkembangnya zaman permainan mencari harta karun saat ini telah melanda pada kalangan orang dewasa. Permainan mencari harta karun dapat dilakukan di waktu pagi, siang, bahkan malam hari. Namun sebelum anda melakukan permainan ini pastikan dengan baik dimana tempat dan cuaca pada hari tersebut supaya permainan dapat berjalan dengan baik. sebelum melakukan permainan ini terlebih dulu semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok atau tim. Permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih kewaspadaan terhadap sesuatu dan juga melatih kerja sama tim. Biasanya media yang digunakan dalam permainan ini adalah kertas karton yang dipotong-potong dan berisi kata-kata yang bertuliskan sebuah kalimat.

Adapun cara bermain adalah sebagai berikut:

  1. Instruktur akan menyembunyikan potongan-potongan kertas ke dalam semak-semak.
  2. Kemudian Instruktur memberikan kertas yang bertuliskan kalimat kepada setiap tim.
  3. Masing-masing tim berusaha untuk mencari potongan-potongan kertas yang akan disusun menjadi sebuah kalimat sesuai dengan kalimat yang diberikan oleh Instruktur.
  4. Bagi tim yang lebih dulu berhasil menemukan potongan-potongan kata yang sesuai dengan yang diberikan oleh Intruktur dinyatakan menang.

2. Robot A

Permainan ini merupakan permainan yang dilakukan oleh tim yang dari 5-8 orang. Permainan ini bisa dilakukan baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa. Dengan media bambu dan tali yang di ikat dalam 5 titik sudut kemudian di buat membentuk huruf A atau Robot A. Di atas ada satu orang yang mempunyai tugas untuk menyeimbangkan permainan tersebut. Adapun cara dalam memainkan permainan ini adalah tim mana yang dapat memindahkan robot A ke garis finish lebih dulu dia lah pemenangnya. Permainan ini membutuhkan area yang lebih luas seperti lapangan. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih untuk berani ambil keputusan, percaya dengan kawan dan kerja sama.

3. Tarik Tambang Lumpur

Jika anda mencari permainan yang dapat meningkatkan kerja sama tim, anda bisa mencoba sensasi bermain tarik tambang lumpur. Permainan ini merupakan permainan klasik yang biasanya dimainkan pada perayaan hari-hari tertentu. Namun jangan khawatir karena permainan ini dapat anda rasakan di wisata edukasi pada saat kegiatan outbound. Anda bisa merasakan sensai bermain di atas lumpur yang becek di area persawahan. Bagi tim yang menariknya paling kuat dan mampu mengalahkan tim lainnya di nyatakan sebagai pemenang. Permainan ini bertujuan untuk  melatih kerja sama tim, kekompakan, konsentrasi dan tanggung jawab satu sama lain.

4. Sarang laba-laba (Spider web)

Permainan sarang laba-laba atau spider web merupakan permainan yang dilakukan dengan berkelompok (tim) dimana para peserta dihadapkan pada jaring laba-laba yang terbuat dari tali, dengan lubang bervariasi. Di dalam permainan ini seluruh pesertanya harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui jaring laba-laba dengan bantuan peserta lainnya. Permainan ini mempunyai tujuan untuk melatih ketangkasan dan kemampuan untuk menyusun strategi.

5. Estafet Hula Hoop

Permainan ini merupakan salah satu permainan yang dilakukan di luar ruangan yang terdiri dari beberapa tim yang terdiri dari 5-8 orang. Permainan ini bertujuan untuk melatih kelincahan serta kerjasama antar tim. Semua peserta dibagi menjadi beberapa tim, setiap peserta berbaris dengan membentuk shaf atau bisa juga membentuk lingkaran. Setiap peserta memegang kuat tangan peserta yang berada di sampingnya. Kemudian hula hoop dipindahkan dari sisi kiri ke sisi kanan shaf tanpa melepaskan pegangan tangan. Kelompok yang paling cepat memindahkan hula hoop adalah  kelompok yang menang.

5 permainan seru ini dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan kerja tim anda.

Selamat Mencoba !!

 



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


Leave a Reply

Your email address will not be published.