keseruan camping gathering bersama keluarga

Camping atau berkemah merupakan kegiatan menginap di alam terbuka yang menyenangkan. Tidak hanya dapat menyegarkan badan dan pikiran dari penatnya kesibukan sehari-hari, camping memiliki segudang manfaat bagi kesehatan serta pengembangan karakter diri. Siapa saja bisa mengikuti kegiatan ini.

Namun jika dikelompokkan sesuai peserta dan jenis kegiatan didalamnya, camping terdiri dari 5 macam yaitu :

camping pramuka sekolah di citra alam seaside

1. Camping Pramuka

Jika dilihat dari namanya, bisa dipastikan bahwa peserta camping ini adalah anggota organisasi pramuka. Camping pramuka atau biasa disebut perkemahan pramuka mulai dikenalkan kepada anak-anak usia sekolah dasar dan dapat diikuti hingga tingkat sekolah menengah atas. Terdapat beberapa ragam perkemahan pramuka (masukkan link jenis camping pramuka) berdasarkan jenis kegiatannya. Sedangkan kegiatan dalam perkemahan pramuka adalah seluruh aktivitas kepramukaan baik yang dilakukan secara perorangan atau kelompok.

apel camping LDKS siswa SMA

2. Camping Siswa (LDKS)

Peserta dalam camping ini adalah siswa sekolah menengah pertama hingga mahasiswa. Untuk sekolah menengah, penyelenggara camping LDKS adalah organisasi OSIS sedangkan pada mahasiswa diselenggarakan oleh senat atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Tujuan camping siswa adalah untuk memperkenalkan, memberikan pemahaman serta memantapkan semangat organisasi, mencetak calon-calon pemimpin, membentuk karakter yang baik bagi para siswa. Camping ini diisi oleh berbagai aktivitas organisasi kesiswaan seperti baris berbaris, pembekalan materi kepemimpinan, games kerjasama tim, dll.

permainan outbound dalam kegiatan camping

  1. Camping Outbound

Kegiatan camping ini diisi dengan rangkaian permainan outbound seperti flying fox, arung jeram, permainan ketinggian dan sejumlah games untuk kerjasama tim. Jenis camping yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan baik sekolah, perusahaan, komunitas maupun umum. Kegiatan camping outbound merupakan kolaborasi antara kekuatan fisik, mental, emosional, logika serta penyatuan dengan alam dan lingkungan sekitarnya. Dengan mengikutinya, setiap peserta akan memperoleh manfaat kemandirian sikap sekaligus penguatan karakter positif.

keseruan camping gathering bersama keluarga

  1. Camping Gathering

Semangat kebersamaan lebih mendominasi dalam kegiatan camping ini, meskipun jenis camping yang lain salah satunya juga bertujuan meningkatkan rasa kebersamaan. Di dalam camping gathering, peserta bisa mengakrabkan diri dengan peserta lain dari berbagai usia, profesi, kedudukan di perusahaan, dsb. Misalnya pada camping gathering perusahaan, karyawan yang berada di level staf dapat berbaur dengan para manajer atau jajaran direksi. Atau dalam camping gathering keluarga, anda bisa merasakan indahnya kebersamaan dengan rekan-rekan dan keluarga mereka dari berbagai usia. Aktivitas yang dilakukan pun juga tak jauh dari semangat kebersamaan.

kegiatan mengajak anak camping

5. Camping Umum

Dengan tujuan mendekatkan diri dengan alam, camping ini biasa dilakukan oleh para pecinta alam, keluarga atau kelompok tertentu. Kebanyakan mereka sudah terbiasa atau rutin melakukan camping dengan mengambil lokasi berbeda-beda. Misalnya gunung, hutan, atau pantai yang asri. Aktivitas yang dilakukan dalam camping hanyalah menjelajahi alam, memasak makanan dengan kayu bakar atau bebatuan, menyalakan api unggun, bernyanyi sambil memainkan gitar, serta hal sederhana lain yang menyenangkan. Lamanya waktu camping pun bahkan tak hanya 1 malam, tetapi bisa sampai 2 atau 3 malam.

Jenis camping apapun yang anda ikuti pasti akan menyenangkan serta memberikan banyak manfaat. Akan tetapi jangan lupa untuk mempersiapkan seluruh perbekalan dengan baik, agar kegiatan camping dapat memberikan pengalaman berkesan dan tak terlupakan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *