Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan ditentukan oleh komitmen karyawan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kerja namun yang sangat penting adalah loyalitas. Karyawan loyal sangat dibutuhkan perusahaan. Seperti kita ketahui bersama, dalam menjalankan sebuah usaha, dukungan karyawan tentunya menjadi salah satu bagian penting bagi sukses tidaknya suatu usaha. Lalu bagaimana membangun komitmen karyawan demi keberlangsungan perusahaan? Mari simak 5 langkah membangun komitmen karyawan berikut ini :

1. Sampaikan tujuan bersama
Segala sesuatu tidak mungkin akan tercapai tanpa tujuan yang jelas. Oleh sebab itu, suatu perusahaan harus menyampaikan tujuan-tujuan besar yang akan diraih bersama para karyawan. Sampaikan visi dan misi dari perusahaan maka secara tidak langsung akan menumbuhkan semangat kerja dari para karyawan sehingga mereka berkeinginan untuk ikut andil dalam meraih tujuan besar tersebut.

2. Ciptakan suasana harmonis di lingkungan kerja

Lingkungan kerja yang menyenangkan merupakan hal penting dalam menentukan kinerja karyawan. Karena lingkungan kerja yang nyaman akan memberikan energi positif sehingga karyawan merasa senang dan semangat dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab. Memberi rasa nyaman juga bisa dilakukan dengan memberikan kebebasan bagi karyawan untuk menata meja kerja semenarik dan senyaman mungkin.  Kemudian ciptakan hubungan kerja yang harmonis antar sesama karyawan maupun antara atasan dan karyawannya sehingga komitmen untuk bersama-sama membesarkan perusahaan semakin kuat.

Outbound Perusahaan
3. Tumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap perusahaan

Karyawan yang sudah mulai nyaman dengan lingkungan kerjanya, maka tidak menutup kemungkinan akan memiliki rasa cinta terhadap perusahaan dimana ia bekerja. Mereka rela bekerja keras demi memajukan perusahaan dan merasa rugi bila  meninggalkan perusahaan tersebut dan beralih ke tempat lain. Hal ini bisa terwujud bila para karyawan telah bekerja dengan passion, sehingga mereka tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas yang mereka terima.

4. Berikan reward atas prestasi yang dicapai

Seorang karyawan yang mampu bekerja dengan baik akan merasa senang dan bangga bila dihargai hasil kerjanya. Salah satu cara yang bisa kita pilih untuk meningkatkan komitmen karyawan yaitu dengan memberikan reward atas prestasi yang telah dicapai. Strategi ini cukup sering digunakan para pemilik perusahaan sebagai bagian dari penghargaan mereka terhadap kontribusi dan kerja keras yang diberikan karyawan terhadap perusahaan. Pemberian reward juga cukup efektif mendorong semangat karyawan guna meningkatkan prestasi kerja mereka setiap bulannya.

Outbound Korporat
5. Tingkatkan motivasi kerja karyawan

Sifat jenuh dan bosan tidak bisa dipungkiri oleh setiap karyawan yang bekerja di dalam suatu perusahaan. Ada kalanya motivasi kerja karyawan mengalami siklus naik turun seiring dengan tuntutan kerja yang mereka hadapi dan masa kerja yang telah mereka jalani. Menumpuknya tugas dan tanggung jawab terkadang membuat karyawan berada dalam kondisi yang tidak baik. Sehingga motivasi kerja mereka melemah dan mulai berpikir untuk mencari pekerjaan baru yang dirasa lebih menarik. Untuk menghindari kondisi yang akan berakibat menurunnya kualitas kerja, sebaiknya lakukan evaluasi rutin pada karyawan minimal sebulan sekali.

Namun evaluasi yang dilakukan tidak hanya berkaitan dengan pencapaian target, tapi perusahaan juga harus memberi kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan problem yang dihadapi selama bekerja. Disisi lain, karyawan pun juga harus terbuka sehingga kedua pihak bisa saling memahami permasalahan. Disinilah peran penting perusahaan untuk memberikan arahan dalam mengembalikan motivasi kerja karyawan. Tak ada masalah tanpa jalan keluar.

Kelima langkah membangun komitmen diatas penting untuk diperhatikan baik oleh karyawan maupun perusahaan. Refresh mindset dan percayalah bahwa komitmen akan membawa melewati proses untuk mencapai tujuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *