citra alam riverside

Libur akhir pekan atau liburan sekolah bisa anda manfaatkan untuk memberikan kegiatan-kegiatan edukatif bagi anak. Banyak sekali kegiatan edukatif yang bisa membangun daya imajinasi serta kreativitas anak melalui hal-hal yang berhubungan dengan alam. Berikut 5 kegiatan edukatif isi liburan sekolah:

1. Berkemah

citra alam seaside-Anyer

Berkemah tentu adalah kegiatan menyenangkan bagi anak. Suasana yang terbangun akan membuat mereka melupakan rasa bosan karena selalu dalam ruangan. Tidak perlu berkemah jauh-jauh cukup di halaman rumah saja dengan perlengkapan yang ada saja, atau berkunjung ke wisata edukasi yang sudah mempersiapkan segala sesuatu sesuai kebutuhan anda. Percayalah, anak-anak lebih kreatif dalam membangun imajinasi.

2. Outbound

Bermain di alam terbuka dengan beberapa permainan menarik adalah keseruan tersendiri bagi anak. Anda bisa mengajaknya bersenang-senang menikmati sejuknya alam bebas. Permainan-permainan menarik bisa menjadikan anda lebih dekat dengan anak-anak tentunya hal ini akan menjadi moment terbaik bagi anak dan orangtua.

3. Berkreasi

pelatihan membuat keramik

Mengasah kreativitas anak bisa dengan beberapa cara dengan memberikan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan membuat keramik, pelatihan membatik, dan beberapa kerajinan tangan lainnya. Mengajak anak-anak berkreasi dengan barang bekas yang terdapat di rumah kemudian membuatnya menjadi barang-barang cantik untuk mengisi rumah anda. Hal ini, selain menyenangkan juga membuat anak terampil berkarya saat libur hari minggu atau saat liburan sekolah tiba.

4. Memasak

Sebulan lagi datang bulan ramadan. Menyiapkan makanan untuk berbuka puasa  dapat mengusir rasa bosan pada anak. Libatkan anak ketika anda hendak menyiapkan menu berbuka. Misalnya, memotong dan mengupas buah-buahan, memasukkan dan mengaduk-aduk adonan bahan makanan. Dengan melibatkan anak dengan kegiatan memasak anak akan tahu beberapa peralatan dapur tentu saja ini akan menambah pengetahuan mereka.

5. Ajarkan cara menggunakan teknologi pada anak

belajar komputer

Akhir pekan atau liburan sekolah anak-anak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengeksplorasi hal-hal baru, terutama teknologi baru. Ini adalah waktu yang tepat bagi anda untuk mengajarkan anak sesuatu yang baru. Ajarkan anak beberapa program komputer baru atau mengajarkan bagaimana cara menggunakan komputer atau laptop dengan baik dan benar. Tentu saja hal ini menyenangkan selain itu anak mendapat banyak pengetahuan.

Selamat mencoba !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *