kegiatan Camping Citra Alam Riverside

Bagi anda pecinta alam tentunya hobi banget dengan kegiatan satu ini yaitu Camping. Perlengkapan wajib yang harus dibawa saat Camping tentunya tenda bukan? Tenda merupakan tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya yang menutupi dan melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri di atas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon atau di tebing. Mengingat betapa pentingnya sebuah tenda Camping bukan berarti anda asal pilih dalam menggunakan tenda Camping. Anda juga harus memastikan bahwa jenis tenda tersebut pas dan nyaman saat digunakan untuk berteduh, apalagi jika anda berada di alam terbuka. Tentunya lebih  memilih tenda yang praktis, aman, dan bisa dibawa kemana-mana. Berikut ada 5 jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping.

Tenda Dome

tenda dome Citra Alam riversideBagi anda yang memiliki hobi trekking atau mendaki tentunya tidak asing dengan jenis tenda Dome. Tenda ini memiliki ciri khas pada bentuk melengkung pada tiang-tiang yang menyangga dengan dua atau tiga kutub tiang yang membujur setengah lingkaran untuk menyangga tenda. Tiang yang dirangkai akan membentuk tenda menyerupai bujur sangkar atau persegi panjang. Tungkai dari penyangga tenda kubah relatif mudah dilepas dan dipasang. Jenis tenda dome sangat baik digunakan kegiatan Camping dan  nyaman saat digunakan untuk tidur. Bahkan Camping di pegunungan sekalipun karena cara mendirikan tenda jenis dome juga sangat mudah dan cepat sehingga anda tidak dibuat kerepotan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat artikel yang membahas tentang teknik mendirikan tenda dome.

Adapun keunggulan dari jenis tenda dome adalah tenda dome mempunyai ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tenda dome juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Menarik bukan?

Tenda Tunnel

tenda tunnel aman dan praktisSalah satu jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping adalah tenda Tunnel. Jenis tenda satu ini memiliki bentuk tenda yang sangat unik. Tenda tunnel terkesan terbuka, namun baik untuk Camping di alam. Tenda tunnel memiliki ciri pada bagian tengah mempunyai ukuran frame lebih tinggi daripada bagian tepi. Sangat cocok digunakan saat anda Camping bersama keluarga atau teman karena tenda ini membentuk terowongan memanjang yang di dalamnya akan memberikan ruang yang lebih. Tiang penyangga membentuk deretan lengkungan setengah lingkaran yang akan menciptakan struktur terowongan yang panjang. Sangat serbaguna, cocok untuk berbagai macam lingkungan. Namun, dalam pemasangannya butuh waktu yang cukup lama dan setidaknya memerlukan lebih dari dua orang dalam mendirikan tenda ini. Keunggulan dari tenda ini adalah ujungnya yang runcing menawarkan perlindungan yang lebih terhadap terpaan angin. Sangat cocok digunakan untuk kegiatan kemah bersama keluarga atau dengan kapasitas orang yang banyak. Dan nyaman digunakan dan memiliki banyak ruang.

Tenda Ridge

tenda camping ridge Mungkin anda masih ingat ketika duduk dibangku Sekolah, umumnya tenda Ridge dipakai oleh anak-anak pramuka ketika Camping. Jenis tenda satu ini mirip seperti rumah dengan atap berbentuk segitiga. Tenda jenis Ridge mempunyai ukuran mulai dari yang berkapasitas kecil sampai dengan berkapasitas besar. Untuk pemasangan tenda jenis Ridge menggunakan tali serta tiang agar tenda dapat berdiri dengan kokoh. Tenda jenis Ridge juga terbilang aman dan nyaman untuk acara Camping. Tenda Ridge bisa menampung sekitar 11-13 orang atau satu regu. Beberapa keunggulan dari tenda Ridge adalah Lebih kokoh dari kebanyakan jenis tenda lainnya. Tetap stabil saat diterpa angin kencang dan cuaca buruk. Memiliki berbagai macam ukuran. Dan mudah dipasang, namun pengaturannya bisa lebih rumit dari pada kebanyakan tipe tenda.

Tenda Geodesic dome

tenda geosegneSelanjutnya jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping yaitu tenda Geodesic Dome. Benar-benar tertutup dan memiliki model seperti tenda jenis dome. Hanya saja pada bagian depan tenda dibuat tertutup ketika waktu tidur. Tenda jenis Geodesic Dome merupakan satu kelas dengan jenis “Summit Series”. Untuk pemasangannya perlu empat buah rangka dan biasanya para pendaki di gunung tertinggi akan memilih untuk membawa tenda jenis ini. Perlu diketahui bahwa tenda jenis Geodesic Dome ini memiliki berat minimal tiga kilogram dan berat maksimal delapan kilogram. Tenda geodesic Dome memiliki banyak ukuran dan struktur yang kuat yang membuat tenda ini sangat nyaman untuk orang tidur dalam kondisi cuaca berangin. Desain tenda ini memberika ruang intern yang lapang dengan langit-langit yang lebih tinggi sehingga tenda ini cocok dan nyaman digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Keunggulan dari tenda Geodesic Dome adalah paling cocok untuk cuaca ekstrim karena mampu menahan hujan salju lebat, angin dan hujan. Struktur kuat dengan stabilitas yang prima. Memiliki ruang depan atau teras yang besar. Dapat bertahan lebih lama dari pada rata-rata tenda.

Tenda Peleton

tenda pletonTenda pleton merupakan tenda yang menjadi Tenda Barak oleh TNI/Polri. tenda ini disebut juga dengan tenda pengungsi. karena ukurannya yang cukup besar sehingga bisa menampung sampai 50 orang untuk ukuran 6m x 14m. Dengan desain bahan yang kuat, serta material langka yang baik Tenda ini sangat cocok digunakan untuk Tenda Militer/ Tenda Barak, Tenda Pengungsian, Tenda Darurat Bencana bahkan untukl acara Camping. Biasanya digunakan pada kegiatan Camping sekolah.

5 jenis tenda diatas bisa menjadi referensi anda untuk memilih jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping.

Sumber:

https://superadventure.co.id/on-the-go/gears/jenis-jenis-tenda-yang-baik-buat-camping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *