Musim libur telah tiba dan telah membawa begitu banyak hal yang baik bersamanya. Tak heran, liburan merupakan episode yang dinanti oleh sebagian banyak orang.

Liburan tidak harus pergi ke luar kota apalagi ke luar negeri. Karena lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan banyak tempat-tempat indah yang pastinya akan membuat liburan anda bersama keluarga atau teman menjadi momen-momen yang penting dalam hidup anda.

Tentunya anda harus memastikan bahwa tempat yang ingin anda datangi itu cocok dengan ekspektasi tentang rencana liburan anda. Salah satu tugas utama yang perlu anda lakukan adalah survey. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, brosur dari agen travel, atau bisa datang langsung ke tempat wisatanya.

Daya tarik seseorang dalam melihat suatu tempat wisata memang bersifat subjektif. Orang memiliki cara pandang tersendiri terkait dengan keindahan dan daya tarik tempat wisata. Meski suatu daerah memiliki daya tarik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang saat menentukan tempat berlibur yang akan dikunjungi.

5 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tempat berlibur

  1. Akses yang mudah

Dalam memilih tempat wisata hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa tempat tersebut mudah di jangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Akses yang mudah akan berpengaruh pada waktu dan jarak tempuh menuju tempat berlibur.

Pastikan Anda mengetahui tempat-tempat yang potensial dikunjungi dalam rangkaian perjalanan. Anda dapat bertanya pada kolega atau mencari informasi melalui internet. Berbekal informasi tersebut anda dapat menyusun rencana  perjalanan berdasarkan jarak dan waktu tempuh ke tempat wisata yang dituju.

  1. Dekat dengan penginapan

Keberadaan penginapan atau hotel juga perlu dipertimbangkan saat menentukan tujuan untuk berlibur . Tidak semua pengunjung memiliki informasi yang lengkap tentang apa saja yang ada di sekitar tempat wisata, termasuk informasi tentang penginapan atau hotel.

 

Hal tersebut akan mempersulit pengunjung ketika mereka sudah berada di lokasi wisata. Pemilihan dan pemesanan hotel dapat dilakukan sebelum berangkat. Perencanaan tempat menginap atau hotel sebelum berangkat memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan tempat penginapan atau hotel di lokasi yang strategis dan dekat.  Keberadaan penginapan di dekat tempat wisata akan memudahkan para pengunjung untuk berlibur ke tempat wisata yang di tuju.

  1. Kuliner

Rasanya kurang lengkap jika berwisata tanpa menikmati sajian kuliner.

Kuliner khas dari suatu daerah banyak juga menjadi pilihan  para pengunjung. Pengunjung tidak hanya merelaksasi mata dengan pemandangan alam yang indah tapi juga perlu diperhatikan bagaimana kuliner khas dari suatu daerah dapat memuaskan lapar perut anda.

Kita  ingin mencicipi makanan karena penasaran dan belum pernah merasakan. Bagi orang yang sudah pernah mencicipi makanan khas tertentu akan kembali datang karena merasakan enak atau ketagihan. Tak heran jika suatu daerah yang memiliki kuliner khas akan ramai dikunjungi wisatawan.

  1. Cenderamata

Cenderamata atau souvenir terbukti menjadi sarana yang sangat efektif untuk mengenalkan daerah tujuan wisata, juga menjadi buruan banyak wisatawan. Para pengunjung mencari cenderamata  sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke suatu tempat wisata.

Cenderamata atau souvenir yang biasa menjadi koleksi pengunjung misalnya, barang kerajinan atau barang-barang unik dari tempat wisata tersebut.

  1. Budaya masyarakat

Selain menikmati pemandangan alam tujuan dari berwisata adalah untuk mengenal budaya dalam masyarakat. Keberagaman adat dan budaya dalam masyarakat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah.

Setiap daerah memiliki keunikan dan perbedaan tersendiri  dengan daerah lainnya. Keragaman budaya ini dilatar belakangi oleh adanya agama, adat istiadat dan kesenian yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di Indonesia.

Dalam merencanakan tempat berlibur tidak semata-mata hanya menyangkut lokasi wisata, tetapi juga banyak aspek lain yang berkaitan. Tempat menginap, transportasi, jenis objek wisata, kuliner, dan budaya masyarakat perlu dipertimbangkan untuk masuk ke dalam daftar perencanaan. Hal ini menentukan kualitas liburan juga waktu dan biaya selama melakukan liburan bersama teman, keluarga atau rekan kerja anda.

 

Selamat mencoba, semoga liburan anda kali ini menyenangkan !!!

0 thoughts on “5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Tempat Berlibur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *