Banyak hal yang membuat kita ingin kembali ke masa-masa kecil yang menyenangkan, masa kecil memang sangat berarti bagi semua orang karena pada masa itu kita bisa melakukan apapun yang menjadi keinginan kita. Seperti bermain hujan-hujanan sebebas mungkin, bisa berteman ataupun bergaya tidak ada yang melarang, kita bisa mengekspresikan keinginan kita dengan berbagai hal yang membuat diri kita merasa senang. Bahkan wajah polos kita tidak pernah malu sekalipun tingkah kita seringkali memalukan.

Iya, memang benar dari sekian banyak momen yang membuat kita terkesan adalah momen dimana kita masih dibangku SD. Pernah terbayangkan betapa polosnya kita berbuat sesuatu tanpa pikir panjang, melakukan hal-hal yang menyenangkan sekalipun itu membahayakan untuk kita. Namun yang terlintas dalam pikiran kita adalah bagaimana kita bisa bahagia. Hal yang lebih menarik adalah ketika kita mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang merupakan kegiatan wajib untuk diikuti. Sejak di bangku SD kita mulai merasakan sensasi dunia perkemahan dari kegiatan tersebut pasti ada hal-hal yang membuat kita ingin mengulangi momen tersebut. Beberapa hal yang membuat kita kangen dengan momen perkemahan disaat kita masih di bangku SD.

1. Belajar mandiri (jauh dari orang tua)

Kegiatan camping merupakan kegiatan yang membuat kita harus meninggalkan segala rutinitas di Rumah maupun di Sekolah. Kegiatan ini akan membuat kita belajar jauh dari orangtua. Menjalankan segala sesuatu sendiri bisa dibayangkan ketika kita di rumah segala urusan kita sudah dikerjakan oleh orangtua namun dengan kegiatan camping kita belajar menjadi pribadi yang mandiri seperti mandi sendiri, mencuci pakaian sendiri hingga membuat makanan sendiri.

2. Rela kepanasan atau kedinginan

Kegiatan camping yang dilakukan ditengah lapangan seringkali membuat kita harus berpanas-panasan bahkan dimusim hujan kita pun rela kehujanan. Dapat dibayangkan betapa panasnya berada dalam tenda kemudian harus berdesak-desakan yang menambah suasana jadi semakin gerah dan sumpek. Apalagi  pada malam hari suasana sangat dingin terkadang juga takut. Salah satu yang bisa mencairkan suasana tersebut adalah melakukan permainan tebak-tebakan atau nyanyi bareng dengan teman.

3. Berbagai kegiatan seru

Dalam kegiatan camping pastinya ada beberapa kegiatan dan games yang menarik seperti lomba simapur, baris berbaris, cerdas tangkas, dan yang enggak kalah seru adalah yel-yel dari semua regu. Keseruan akan semakin bertambah ketika semua regu saling beradu yel-yel disertai teriakan yang menambah suasana semakin seru dan menyenangkan. Kegembiraan dan keceriaan tergambar dari wajah semua peserta.

4. Memasak masakan sendiri

Di rumah, makan tinggal makan, minum tinggal minum. Akan tetapi, ketika camping semua hal akan kita lakukan sendiri karena memang kegiatan ini mempunyai tujuan untuk menumbuhkan pribadi yang mandiri, tangguh, pemberani, dan  bertanggung jawab. Dengan memasak makanan sendiri, saat itulah kita akan rindu masakan dari ibu. Suka duka memasak adalah saat melakukannya pertama kali dari yang sebelumnya tidak bisa, namun harus dipaksakan menjadi bisa, api yang sulit menyala karena angin sehingga harus menggunakan kardus untuk menghalangi angin, padahal perut sudah lapar. Belum lagi jika masakan gosong, terlalu asin, atau hal-hal  lain yang cukup menyebalkan, namun justru menjadi momen yang tak terlupakan.

5. Momen hari terakhir yang mengharukan

Momen yang paling berkesan adalah momen di malam terakhir dimana semua keseruan, kegambiraan, ketakutan, kebersamaan, dan semua rasa yang bercampur aduk akan berakhir. Api unggun merupakan momen yang paling dinanti oleh peserta dimalam terakhir yang akan menghangatkan semua peserta dan beberapa penampilan peserta yang biasa disebut dengan PENSI (Pentas Seni) akan mencairkan suasana. Malam terakhir dijadikan momen perenungan bagi semua peserta setelah beberapa hari melewati segala canda tawa, sedih bahkan menangis, betapa bahagianya kita bisa berteman dengan banyak orang. Malam terakhir adalah puncak dari kegiatan camping yang beradu menjadi satu dan rindu akan rumah pun tergambar dari wajah peserta.

Bagaimana dengan anda, apakah anda masih ingat dengan momen-momen saat camping?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *