citra alam pelatihan membatik

Dunia anak adalah bermain dan belajar. Kita bisa melihat betapa bahagianya mereka saat bermain dengan berbagai macam permainan yang mereka sukai. Namun, kita sebagai orangtua juga harus memberikan perhatian ekstra jangan sampai saat bermain anak hanya mendapat kesenangan saja tanpa ada ilmu yang di dapat. Lantas, bagaimana cara orangtua supaya anak tetap bisa bermain sambil belajar?.

Cara mudah supaya anak bisa bermain sambil belajar adalah dengan mengajak mereka mengikuti kegiatan, seperti belajar membatik, kenapa bukan yang lain? Karena dalam kegiatan membatik ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh anak dari kegiatan ini.

Berikut 5 alasan mengapa anak perlu belajar membatik:

1. Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Setiap anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi apalagi dengan hal-hal yang baru saja mereka temui.  Dengan membatik anak akan belajar untuk melatih kesabaran dalam berkreasi dan membiasakan diri menggores malam dengan canting. Tentunya butuh kesabaran ekstra karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat sehelai kain tidaklah singkat. Justru di sinilah letak keseruan begitu juga anak akan belajar tentang kesabaran, ketelitian, disiplin waktu dan menjadi anak yang kreatif.

2. Mencintai Budaya Indonesia (Batik)

Sebagai bentuk rasa cinta akan seni budaya Indonesia maka sejak dini anak juga harus diperkenalkan dengan berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia termasuk kesenian membatik. Kita bisa mengenalkannya dengan memberikan pelatihan membatik sehingga anak bisa langsung merasakan menggoreskan motif canting yang sudah  di isi cairan malam.

Dari pelatihan ini anak akan mencintai budaya Indonesia dan akan selalu tertanam sampai anak tumbuh dewasa. Jika negara lain saja bangga dengan kebudayaan Indonesia seharusnya kita jauh lebih bangga sebagai masyarakat Indonesia.

citra alam pelatihan membatik

3. Melatih Kreativitas Anak

Bagaimana ekspresi anak saat diberi kertas dan cat, wajah berubah menjadi ceria dan langsung mecoret-coret kertas. Terlebih jika diberi kesempatan untuk berkreasi tanpa batas sesuai imajinasi mereka. Anak akan belajar membuat kreasi sendiri kemudian menorehkan cairan malam sampai pada proses plorodan. Tentunya kegiatan itu sangat mengasyikkan. Anak juga akan belajar lebih mandiri dan belajar berkarya yang berguna untuk kehidupan masa mendatang.

4. Melestarikan Warisan Budaya Indonesia

Ketika anak belajar membatik itu artinya anak juga ikut andil dalam melestarikan warisan budaya bangsa. Dengan mengikuti pelatihan membatik, anak  mendapat kesempatan dalam melestarikan dan suatu saat bisa jadi salah satu anak kita dapat mengharumkan budaya Indonesia melalui karya-karya batiknya, dan minimal memulainya dari tahap belajar.

5. Belajar Membatik Mengatasi Anak Dari Ketergantungan Gadget

Belajar membatik juga bisa mengatasi anak yang memiliki ketergantungan gadget di dalam aktivitasnya sehari-hari. Dengan belajar membatik anak akan terbiasa melakukan kegiatan positif dan sebagai media kreativitas anak dalam berkarya.

Inilah 5 alasan mengapa anak perlu belajar membatik. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi orang tua dalam mencari kegiatan positif anak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *