Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat bagi setiap muslim untuk memperbaiki diri baik kualitas ibadah maupun sikap, tingkah laku dan perbuatan. Bulan suci juga menjadi momen yang baik untuk mengajarkan anak-anak berpuasa dan disiplin dalam mengerjakan ibadah lain. Tujuannya agar kelak mereka menjadi generasi penerus yang beriman, bertakwa serta berbudi pekerti baik. Selama menjalankan ibadah puasa, anak-anak seringkali merasa jenuh. Jika mereka masih disibukkan dengan aktivitas belajar di sekolah mungkin tidak merasa sulit, tetapi apabila sudah memasuki masa liburan, penting bagi anak untuk memiliki aktivitas yang bermanfaat. Berikut ini beberapa aktivitas Ramadhan anak yang menyenangkan : 

1. Bermain

Dunia anak adalah dunianya bermain. Dengan bermain, banyak pelajaran yang akan diperoleh anak. Seperti berimajinasi, berkreasi, bersosialisasi dengan teman, dll. Bermain, baik di dalam maupun luar ruangan dapat merangsang perkembangan otak, syaraf serta motorik kasar anak sehingga juga baik bagi kesehatan. Namun selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya anak tidak melakukan permainan yang banyak menguras tenaga. Permainan yang bisa dimainkan sambil duduk seperti puzzle, lego, dan boneka lebih cocok untuk mengisi Ramadhan. Pendampingan orang tua di setiap permainan anak pasti akan semakin menyenangkan bagi mereka.

ilustrasi membaca anak-anak

2. Membaca buku

Buku merupakan jendela dunia. Dengan membiasakan anak membaca buku sejak dini, akan mempermudah menanamkan kecintaan mereka pada membaca. Kelak ketika remaja dan dewasa nanti, buku akan menjadi teman bagi anak. Dengan sendirinya, kecerdasan anak dapat selalu terlatih dan meningkat. Peran orang tua juga diperlukan dalam aktivitas ini, agar anak dapat mudah memahami apa yang akan, sedang atau sudah dibacanya. Membiasakan baca buku pada anak untuk mengisi Ramadhan akan memberikan kesan tersendiri bagi mereka.

hasil melukis kaos di citra alam

3. Melukis kaos

Aktivitas yang banyak berhubungan dengan warna ini bermanfaat untuk menumbuhkan kreatifitas dan menyalurkan imajinasi anak. Selain itu bisa menjadi sangat menyenangkan jika dilakukan anak saat menjalankan ibadah puasa. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit didapatkan yakni 1 buah kaos putih polos, gambar untuk pola, kuas cat air, pembidang, serta cat air berbagai warna. Dalam kegiatan ini, anak dapat menyalurkan imajinasi melalui gambar yang akan diterapkan pada kaos serta berkreasi dengan berbagai warna. Mereka akan bangga menggunakan kaos dengan hasil lukisan sendiri.   

ilustrasi berkebun anak

4. Berkebun

Sebagian orang tua masih sering mencegah anak-anaknya menjadi kotor saat bermain. Alasannya karena kotor adalah penyebab datangnya penyakit dan dapat menimbulkan dampak negatif lain. Padahal dengan berani kotor, anak akan memperoleh banyak pelajaran. Salah satu aktivitas yang banyak membuat kotor namun sangat bermanfaat adalah berkebun. Anak akan banyak berinteraksi langsung dengan tanah, tumbuhan dan air sehingga dapat mempermudah proses belajar mengenai alam sebagai ciptaan Tuhan.  Agar kegiatan berkebun dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi anak-anak, dibutuhkan keterlibatan orang tua. Terutama di saat Ramadhan ini, orang tua dapat mengajarkan kasih sayang terhadap semua mahluk ciptaan Tuhan dengan memelihara dan merawat tanaman.

kegiatan anak berkreasi dengan tanah liat

5. Kreasi tanah liat

Media tanah liat juga bisa menjadi obyek permainan yang mengasyikkan bagi anak-anak. Berkreasi dengan tanah liat dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi di bulan Ramadhan. Anak-anak dapat memiliki kesibukan tersendiri dari kreativitas membuat benda-benda apapun dari tanah liat  sesuai dengan keinginan mereka. Selain dapat menuangkan imajinasi dan kreativitas, kemampuan motorik anak juga akan lebih mudah berkembang.

Dengan memberikan bermacam-macam aktivitas bermanfaat kepada anak dalam mengisi Ramadhan, akan memberikan banyak nilai lebih. Selain belajar disiplin menjalankan ibadah serta menahan diri dari sifat yang buruk, anak-anak akan memperoleh pengalaman menyenangkan dan berkesan di bulan suci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *