Jika dalam pembahasan sebelumnya disebutkan bahwa perpisahan sekolah sudah menjadi tradisi karena dianggap penting bagi pihak sekolah, siswa dan orang tua. Sementara momentum perpisahan sekolah sendiri seharusnya menjadi sesuatu yang berkesan dan dapat diingat seumur hidup. Agar perpisahan sekolah meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang terlibat didalamnya, maka penting untuk merancang acara apa yang bisa mengisinya.

Berikut ini ada 5 acara menarik untuk perpisahan sekolah :

Ceremony / Graduation

ilustrasi acara graduation

Sesuai namanya, Ceremony yang dalam kamus berarti upacara atau graduation yang bermakna wisuda, akan selalu bersifat formal.  Keformalan acara tersebut dapat terlihat dari susunan acara dan dress code seluruh pesertanya. Untuk acara graduation, siswa yang lulus biasanya diminta untuk berbusana formal berupa jas dan kebaya.

Rekreasi

keceriaan anak berpose di depan rumah kebangsaan pancasila

Selalu banyak hal menyenangkan dalam rekreasi. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman sekolah yang akan berpisah. Suasana haru akan mewarnai kebersamaan dalam momentum tersebut.

Outbound

permainan outbound flying fox anak

Jika ingin berwisata yang bermanfaat, kegiatan outbound bisa menjadi pilihan. Siswa dapat mengikuti berbagai macam permainan outbound yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan. Seperti meluncur pada ketinggian tertentu dalam permainan flying fox, yang dapat melatih keberanian mereka. Ada juga sejumlah permainan fun games yang dapat diikuti bersama teman untuk  menumbuhkan rasa solidaritas pada teman

Tukar kado

acara tuker kado di citra alam lakeside

Mungkin tidak ada yang belum tahu dengan acara seru satu ini. Tukar kado biasanya menjadi acara wajib di setiap event perpisahan sekolah. Acara tukar kado bisa diikuti oleh semua pihak baik siswa, guru dan orang tua, tetapi ada juga yang dilakukan secara terpisah. Nilai dari barang yang dijadikan kado pun tidak mahal, karena tujuannya hanyalah untuk menambah keseruan  acara.

Pentas seni

pentas seni siswi sekolah menengah pertama

Acara pentas seni sering dipilih untuk mengisi perpisahan sekolah dengan konsep panggung. Selain seremonial pelepasan siswa oleh pihak sekolah,

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam menggelar perpisahan sekolah adalah biaya. Untuk menyiasatinya, sudah banyak sekolah yang menerapkan sistem menabung sejak siswa naik ke kelas 3, bahkan ada juga sekolah yang memberlakukan tabungan pada tahun pertama siswa mulai belajar. Besar atau kecilnya biaya menyelenggarakan perpisahan sekolah tergantung acara apa saja yang akan mengisinya. Apabila anggaran yang dialokasikan besar, acara bisa diselenggarakan di luar sekolah misalnya dengan mengadakan rekreasi ke luar kota, atau dengan menyewa lokasi wisata atau gedung pertemuan.

ekspresi kegembiraan siswa

Terlepas kendala tersebut, pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua siswa dalam organisasi komite sekolah biasanya akan tetap menyelenggarakan perpisahan sekolah yang penuh khidmat, serta meninggalkan kesan tak terlupakan. Sebab kesan yang baik ketika  meninggalkan sekolah yang sudah berjasa mendidik dan membimbing kita kelak akan bermanfaat bagi kehidupan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *