kreativitas membuat miniatur wayang

 

Menanamkan kreativitas sejak dini sangatlah penting. Tujuannya agar kemampuan dan bakat dapat tersalurkan yang pada akhirnya dapat membuahkan suatu hasil atau karya yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menanamkan kreativitas pada anak. Akan tetapi kegiatan untuk menanamkan kreativitas sebagai anak Indonesia yang mencintai seni budaya bangsa, masih jarang ditemukan

Sebagai generasi penerus bangsa, penting bagi anak Indonesia untuk mengetahui kebudayaan dan kesenian yang dimiliki negeri ini. Dengan mengetahui dan ikut serta dalam berbagai kegiatan seni budaya akan semakin menambah wawasan sehingga rasa cinta pun dapat mudah tertanam dalam jiwa mereka. Kegiatan apa saja yang dapat menanamkan kreativitas anak Indonesia?

1. Membuat atau melukis keramik

kreatif dengan kreasi tanah liat

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan media tanah liat. Dalam kegiatan tersebut anak akan belajar berkreasi membentuk tanah liat sesuai keinginan dan kreativitas mereka. Untuk usia TK dan PAUD, kreativitas bisa dituangkan dengan melukis keramik dengan berbagai bentuk, gambar dan warna. Pelatihan keramik juga merupakan salah satu kegiatan edukatif sebagai media terapi anak berkebutuhan khusus.

2. Mendengarkan dongeng nusantara

Semua anak pasti suka sekali mendengarkan cerita. Apalagi jika ceritanya mengenai alam dan mahluk hidup disekeliling mereka atau cerita yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Ada juga cerita mengenai hal yang tidak benar-benar terjadi terutama kejadian aneh pada zaman dahulu yang disebut dongeng. Seperti dongeng tentang asal mula padi yang dikenal dengan Dewi Sri atau dongeng bawang merah bawang putih yang menceritakan dua anak dengan sifat baik dan buruk. Dongeng nusantara merupakan dongeng yang berasal dari berbagai daerah di tanah air. Dengan memperdengarkan dongeng nusantara kepada anak-anak akan menumbuhkan imajinasi kepada mereka, sekaligus sebagai media untuk melatih kreativitas dalam bercerita.

3. Menonton pertunjukan serta membuat miniatur wayang

Wayang merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia yang kaya dengan nasehat dan pesan moral. Dengan memperkenalkan kepada anak-anak akan membantu membentuk karakter dalam diri mereka. Banyaknya tokoh perwayangan yang memiliki beragam karakter dapat mengajarkan anak tentang sifat baik yang harus dicontoh dan sifat buruk yang tidak boleh ditiru. Kreativitas yang berkaitan dengan kesenian wayang dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan membuat miniatur wayang .

4. Membatik  

menuangkan kreatifitas warna lewat membatik

Salah satu warisan budaya yang berbentuk kain dengan bermacam corak dan motif khas dari daerah-daerah ini memiliki keunikan tersendiri dalam pembuatannya. Namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Kegiatan yang menggunakan peralatan khusus seperti canting, kain mori serta cairan malam yang berasal dari beraneka tumbuhan rempah-rempah ini dapat menumbuhkan kreativitas anak khususnya usia kelas 5 SD keatas. Dalam pelatihan membatik, anak-anak dapat menuangkan imajinasi melalui gambar yang ditorehkan dalam kain dengan bentuk sesuai keinginan.

Citra Alam memfasilitasi kegiatan yang menanamkan kreativitas anak Indonesia. Hasil kreativitas seni budaya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Melalui berbagai kegiatan tersebut, anak-anak dapat berkreasi sekaligus mengenal, memahami dan ikut melestarikan budaya bangsa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *