Bulan Ramadhan adalah saat-saat dimana setiap umat muslim berkesempatan untuk memperbaiki kualitas ibadah dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain berpuasa dari fajar hingga waktu maghrib tiba, banyak cara yang bisa dilakukan sebagai perbaikan kualitas ibadah, termasuk melakukan hal bermanfaat untuk mengisi bulan suci dengan menggelar kegiatan outdoor. Seperti mengaji atau tadarus, melaksanakan sholat sunah  tarawih, memperdalam pengetahuan tentang agama, hingga berbagi dengan sesama melalui sedekah dan zakat fitrah.

Dari banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperbaiki kualitas ibadah di bulan suci yang penuh dengan rahmat dan ampunan, berikut ini 4 kegiatan yang dapat mewarnai Ramadhan tanpa menghilangkan kekhusyukan dalam beribadah :

sholat bersama kegiatan sekolah di citra alam seaside

1. Pesantren kilat

Seperti namanya, kegiatan ini menerapkan tata cara dan pola kehidupan anak-anak seperti di pesantren. Meski berlangsung singkat yakni paling lama 1 minggu, pesantren kilat banyak diisi serangkaian kegiatan keagamaan. Seperti sholat wajib dan sunah berjemaah, mendengarkan ceramah, lomba azan, nasyid, ceramah hingga pembacaan ayat suci Al Quran serta buka bersama. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ilmu dan keimanan, cinta sesama, kepedulian sosial dan alam serta membekali hidup dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang baik dan benar.

2. Tadabur alam

Biasanya digelar di alam terbuka yang memiliki banyak obyek untuk dipelajari misalnya tumbuh-tumbuhan atau hewan peliharaan. Materi yang diberikan umumnya mengenai kerja keras, instrospeksi diri dan bersyukur. Penyampaian materi bisa berupa ceramah atau melalui sejumlah games baik perorangan maupun kelompok. Kegiatan tadabur alam bisa juga diisi dengan berbagai kreativitas seperti membatik, berkreasi dengan tanah liat, dll.

acara silaturahmi karyawan perusahaan

3. Buka Bersama

Seseorang yang berpuasa akan mengalami kegembiraan dalam 2 waktu, yakni waktu berbuka puasa, serta waktu bertemu Allah di akhirat kelak. Oleh karena itu waktu tersebut menjadi  istimewa dan sering digunakan untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat. Bahkan dalam kesempatan berbuka puasa bersama, banyak yang memanfaatkannya untuk beramal dengan mengajak fakir miskin dan anak-anak yatim.

4. Halal bi Halal

Halal bi halal merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dalam kegiatan tersebut seluruh anggota keluarga berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Acara halal bi halal juga sering menjadi pilihan bagi perusahaan untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga karyawan. Biasanya diisi dengan makan bersama dan beramah tamah hingga menggelar beragam permainan seru jika mengikutsertakan banyak peserta.

Mengisi Ramadhan dengan serangkaian kegiatan bermanfaat di alam terbuka, membuat bulan suci menjadi lebih berwarna dan berkesan. Citra Alam memiliki beragam paket Ramadhan mulai dari buka puasa bersama hingga pesantren kilat yang sarat dengan kegiatan di alam terbuka. Para peserta akan merasa semakin dekat dengan Sang Pencipta melalui berbagai kegiatan tersebut. Paket Ramadhan terdiri dari :

Paket ramadhan 2018 di citra alam lakeside

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan selayaknya tidak menjadi kendala untuk tetap beraktivitas dan melakukan hal bermanfaat, termasuk dengan kegiatan outdoor. Apalagi, selain menjadi kesempatan  memperbaiki kualitas ibadah, saat Ramadhan juga dianjurkan untuk menebar kebaikan pada sesama.

 



Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut hubungi kami.


(021) 7310249 (021) 7321394


Atau tinggalkan kontak anda, kami akan menghubungi



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *