camping di citra alam riverside

Masa liburan akan segera tiba, biasanya anak menghabiskan waktu hanya duduk di depan TV atau bermain gadget sampai berjam-jam. Padahal saat liburan bisa di isi dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif terlebih jika di lakukan di luar ruangan. Bersenang-senang di luar rumah bersama anak adalah waktu yang berkualitas untuk memperkenalkan anak dengan hal-hal baru dan berkesan. Berikut 4 kegiatan edukatif  mengisi liburan anak:

1. Cooking time

Salah satu kegiatan edukatif untuk mengisi liburan anak adalah cooking time. Kita bisa melihat bagaimana reaksi mereka saat pertama kali diberikan berbagai macam bahan makanan. Biasanya reaksi anak apalagi anak perempuan langsung mengambil pisau kemudian memotong sayur-sayuran yang sudah tersedia, aktivitas cooking time seperti ini  merupakan hal baru yang dilakukan oleh anak.

citra alam lakeside

Cooking time merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan anak dengan berbagai macam peralatan dapur dan bahan makanan. Secara langsung anak juga akan aktif bertanya tentang semua hal yang baru mereka tahu namun pastikan anak tetap aman dari alat-alat yang berbahaya seperti pisau dan kompor. Selain dapat memberikan pengalaman baru, aktivitas cooking time bersama anak juga dapat mengajarkan kerja sama, kesabaran, dan yang pasti pengetahuan tentang objek di sekitar dapur.

2. Berkebun

citra lam riverside

Seperti yang kita tahu bahwa anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal yang baru. Dari hal sederhana seperti menyiram bunga, memetik sayur hingga menanam tanaman, semua hal tersebut akan memberikan pengalaman baru bagi anak. Selain mudah dan menyenangkan, anak juga dapat mempelajari berbagai hal mengenai tanaman, kreativitas, bahkan cara merawat tanaman yang benar. Namun, pastikan juga anak aman dari bahan-bahan yang mengadung zat kimia dan alat-alat bercocok tanam yang berbahaya.

3. Berpetualang

Alam menjadi tujuan utama saat mengajak anak berpetualang. Mengapa demikian? Karena alam merupakan destinasi yang sempurna untuk melangkahkan kaki menikmati alam semesta, udara segar juga bermanfaat untuk kesehatan anak. Mengenalkan alam pada anak dengan berpetualang sangat bermanfaat bagi anak dalam kehidupan masa mendatang. Anak akan mengerti bagaimana menjaga dan melestarikan alam, anak juga akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, pantang menyerah, dan cinta tanah air.

4. Camping ground

Sikap mandiri memang harus dilatih sejak dini, supaya saat anak tumbuh dewasa mereka tidak mudah bergantung pada orang lain. Menanamkan sikap mandiri bisa dengan cara mengajak anak bermalam di tenda di alam terbuka. Selain itu,  akan membuat hubungan anak dan orangtua menjadi lebih dekat sekaligus untuk memperkenalkan anak dengan alam.

camping di citra alam riverside

Saat malam tiba akan menjadi malam yang paling berkesan bagi anak, apalagi ketika anak mulai bercerita tentang aktivitas keseharian di sekolah atau bersama temannya. Kebersamaan seperti ini akan menjadi moment yang tidak  terlupakan.

Masih banyak lagi kegiatan edukatif lainnya untuk mengisi liburan sederhana menjadi menyenangkan. Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *