citra alam riverside

Kemandirian anak perlu dilatih sejak dini agar anak tidak selalu bergantung pada orang lain sehingga anak akan terbiasa melakukan segala hal sendiri. Orang tua pasti bangga jika anak memiliki sifat mandiri, sifat mandiri disini diartikan mampu melakukan segala sesuatu yang dibutuhkan sendiri dan minimal bantuan dari orang lain. Anak yang memiliki sifat mandiri akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Anak yang mandiri juga mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik.
Selain itu, anak mandiri juga tidak bergantung dengan orang tuanya dan manja. Anak akan tumbuh dengan rasa percaya diri yang lebih tinggi, solutif, memiliki rasa tanggung jawab yang besar, dan tidak merepotkan orang tua. Dengan demikian anak tidak akan egois apabila orang tua tidak bisa memenuhi apa yang menjadi keinginannya. Berikut 3 langkah mudah mendidik kemandirian anak:

1. Outbound

citra alam lakeside

Kegiatan outbound menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati anak-anak apalagi mengusung konsep yang fun, menggembirakan, penuh ceria, dan tawa. Melalui kegiatan outbound yang di dalamnya terdapat fun games, aktivitas ini bukan hanya menyenangkan namun bisa melatih kemandirian, kerja sama, komunikasi yang baik, menjadi lebih percaya diri dan lebih kompak.
Berbagai wahana menarik juga bisa dinikmati oleh anak-anak seperti wahana flying fox, kolam renang, spider web, kolam tangkap ikan, Mini High rope, Playground dan wahana permainan lainnya. Outbound menjadi kegiatan populer yang bisa mendidik anak-anak terutama dalam meningkatkan sikap kemandirian. Melalui kegiatan outbound aktivitas fisik anak akan cenderung lebih aktif apalagi saat mereka berinteraksi dengan teman lainnya.

2. Camping pramuka

Nah, camping pramuka menjadi kegiatan yang paling efektif untuk mendidik kemandirian anak mulai sejak dini. Bermalam di alam terbuka tanpa fasilitas rumah pastinya bukan hal yang biasa anak-anak rasakan apalagi tanpa orang tua. Anak awalnya selalu meminta pertolongan dengan orang tua dalam melakukan suatu hal. Saat camping anak-anak belajar untuk melakukan segala hal sendiri mulai makan, mencuci baju, dan aktivitas lainnya. Hal ini adalah salah satu cara untuk mendidik anak agar lebih mandiri dan tidak bergantung dengan pertolongan orang lain.

citra alam riverside
Aktivitas camping pramuka tidak pernah terlepas dengan kegiatan alam seperti jelajah alam, dengan mengikuti jelajah alam anak akan mendapat banyak pengetahuan tentang alam. Dalam camping pramuka biasanya anak-anak akan belajar PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan materi lainnya. Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Adapun tujuan dari camping pramuka adalah guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, mandiri, rasa disiplin dan rasa tanggung.

3. Agro wisata

Menjadi anak yang mandiri, cerdas, dan memiliki rasa empati yang tinggi adalah sifat-sifat yang memang harus diterapkan sejak dini. Mendidik anak memiliki sifat mandiri bisa dengan memperkenalkan agro wisata. Agro wisata terbagi menjadi tiga macam yaitu agro sawah, agro sayur, dan agro apotek hidup. Melalui pelatihan ini anak-anak akan mendapat banyak pengetahuan seperti: asal usul nasi yang setiap hari mereka konsumsi, sayur-mayur, dan berbagai macam pengenalan tanaman obat serta manfaatnya. Dengan melakukan dan menyaksikan secara langsung asal mula pembuatan bahan pangan nantinya anak akan menjadi pribadi yang pandai menghargai baik karya sendiri maupun orang lain.

citra alam riverside

Nah, demikian 3 langkah mudah kemandirian anak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *