Jelang pergantian tahun, banyak orang melakukan berbagai hal untuk mempersiapkannya. Sebagian besar dari mereka melakukan browsing lokasi-lokasi wisata baik di dalam maupun di luar kota, bahkan di luar negeri. Mengunjungi lokasi wisata dan menghabiskan malam pergantian tahun menjadi daya tarik tersendiri. Mengisi liburan akhir tahun dengan berlibur akan memberikan kesenangan dan keseruan tersendiri bersama orang-orang terdekat, keluarga, teman atau kerabat. 

Tingginya minat masyarakat untuk berlibur di lokasi wisata dapat terlihat dari data calon pengunjung di Citra Alam. Berdasarkan data kontak masuk, di bulan Oktober sudah ada sejumlah keluarga yang menanyakan paket kegiatan di bulan Desember. 

Selanjutnya pada bulan November, selain keluarga, banyak kontak masuk dari perusahaan yang merencanakan kegiatan untuk karyawannya sebelum waktu liburan. “Mulai tanggal 23 Desember sudah banyak karyawan yang mengambil cuti untuk liburan natal dan tahun baru,” kata seorang calon customer dari sebuah perusahaan yang sedang menyampaikan rencana kegiatan untuk karyawannya. 

Di bulan Desember, segmentasi calon pengunjung didominasi oleh keluarga dengan jumlah peserta antara 4 sampai 15 orang. Mereka merencanakan kegiatan berupa family gathering, liburan atau camping keluarga. 

Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa banyak orang yang memilih menghabiskan waktu liburan akhir tahun di lokasi wisata, dengan atau tanpa aktivitas tertentu. Agar waktu liburan akhir tahun memberikan kesan berbeda, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai kegiatan seru dan bermanfaat berikut ini : 

Annual Gathering 

Pertemuan tahunan atau yang biasa disebut Annual Gathering ini biasanya digelar oleh perusahaan yang sudah memiliki program tahunan untuk karyawannya. Acara yang diikuti oleh seluruh karyawan atau divisi tertentu ini memiliki agenda atau goal yang akan dicapai, misalnya untuk menambah keakraban karyawan hingga meningkatkan produktivitas kerja. Kegiatan ini bisa menjadi relaksasi bagi evaluasi kinerja karyawan setiap tahunnya. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, kinerja karyawan dapat menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang. 

Wisata Alam 

Mengeksplorasi keindahan alam bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan untuk mengisi liburan akhir tahun. Banyak tempat yang bisa dijelajahi karena masih terjaga keasrian dan kelestarian alamnya dengan berbagai nuansa seperti laut, pegunungan, dan hutan. Satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wisata alam adalah menjaga tubuh tetap bugar agar kesehatan tetap terjaga selama liburan. Sebab perubahan cuaca yang sulit diprediksi seringkali mempengaruhi kondisi alam. Aktivitas yang dapat dilakukan dalam wisata alam seperti agro wisata, outbound dan camping.  

Wisata Edukasi 

Seperti namanya, jenis wisata ini memiliki nilai dan manfaat bagi setiap pesertanya. Para peserta yang mengikuti wisata edukasi bisa berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Berbagai kegiatan yang dapat diikuti dalam wisata edukasi misalnya pelatihan seni budaya, pelatihan kebangsaan, dan mengunjungi tempat bersejarah. Wisata edukasi akan lebih seru jika dilakukan dalam kelompok dengan jumlah lebih dari 10 orang. 

Mengisi liburan akhir tahun dengan kegiatan seru dan bermanfaat dapat memberikan pengalaman berbeda dan berkesan dalam menutup tahun. Suka cita yang dirasakan akan memberikan motivasi tersendiri dalam menghadapi tahun yang baru. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *